[Sedekah Kreatif]

Assalamu’alaikum..
Kemarin2 ini, saya dapat postingan menarik dari seorang teman. Postinganyaa benar-benar menginspirasi, sama seperti judul postingan saya kali ini yaitu Sedekah Kreatif. Siapa tau ada yang minat dan saya juga lagi mau berbagi2 nih buat semua teman2 dunia maya, eh dunia maya ya.. Wkwkkw.. Semoga bermanfaat πŸ™‚

πŸšπŸ—πŸ€πŸ– Siapkan nasi bungkus dari rumah. Berikan ke yang kira2 membutuhkan. Pedagang kecil. Pengemis. Orang gila. Pengamen. Anak terlantar etc. Ngga usah banyak juga gpp. Misal 1 bungkus setiap harinya

πŸšΏπŸ›πŸ›€πŸΌ Laundry/cucikan Mukena secara berkala musholla yg ada disekitar lingkungan kita

🎁🎁🎁 Bawa Mukena ketika akan berpergian. Tinggalkan di masjid/ musholla yg kita singgahi

πŸ‘ŸπŸ‘žπŸ‘‘ Beli beberapa pasang sandal. Taruh di kantor atau musholla dan masjid untuk di gunakan ketika berwudhu

🍢🍼🍢 Kumpulkan botol minuman plastik/ botol bekas shampoo etc. Rusak dulu. Misal patahkan tutup botolnya. Agar tidak disalahgunakan. Setelah banyak berikan ke pemulung.

Belum pernah kan liat mata pemulung berbinar2 sambil ngucapin makasih berulang-ulang. Buat kita ngga ada harganya. Buat mereka langsung dikasih banyak yg mereka cari itu ruarr biasa rasanya #seka_air_mata (Ilmu ini saya dapatkan dari Om saya. Makasih Om. Barakallah)

🍢🍼🍢  Beli barang diskonan di supermarket agak banyak. Misal detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen kemudian bungkus cantik hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah

🚲πŸ₯πŸΈπŸš€ Anak ultah? Bikin goodie bags. Kasih ke Panti Asuhan bareng anak. Ini melatih sikap empati anak kepada sesama.

πŸ‘šπŸ‘•πŸ‘” Beli kamper/pengharum baju. Taruh di kumpulan mukena di masjid/musholla yg kita singgahi

πŸ™…πŸ»πŸ™…πŸ»πŸ™…πŸ» Jangan nawar sama pedagang kecil. Kalo bisa kasih lebih

πŸ“ŽπŸ“°πŸ”§Beli tissue atau keperluan yg remeh temeh di pedagang kecil yg kita jumpai. Beli tissue 2000 rupiah atau ikat rambut atau peniti udah bikin mereka senang

🎁🎁🎁 Bungkus perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur’an jadikan parcel ketika lebaran. Berikan ke satpam komplek atau tukang kebersihan komplek atau office boy dikantor. 1 parcel senilai 100ribu aja. Pahalanya bisa terus-terusan. InsyaAllah

πŸ™‹πŸ»πŸ™‹πŸ»πŸ™‹πŸ» Selalu siap jika dimintai tolong tenaga jika sedekah materi belum bisa kita lakukan

πŸš•πŸš‹πŸšπŸ’΄ Bayar lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek2 atau bapak tua

πŸ’΄πŸ’°πŸ’· Kasih tips lebih buat ibu/abang ojek online kalo kira-kira jaraknya jauh dan juga kondisi mereka yg kira2 memprihatinkan (tua misalnya)

🚲πŸ₯πŸΈπŸš€ Rutin mensortir mainan anak-anak kita. Buy 1 give 1. Ketika beli mainan baru harus ada 1 mainan yang disedekahkan. Ajari dan ajak anak kita ketika memberi mainan tersebut ke temannya atau panti asuhan

πŸŸπŸ€πŸ›πŸ§ Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar beliin mereka seporsi seperti yang kita makan (mungkin sekitar 15ribuan seporsi nasi uduk ayam goreng atau roti bakar)

🎨😎🎨 Buat Designer Grafis/ animator. Bantu bikin design poster Kajian/ bikin obb bumper buat video Kajian. Free😘

πŸŽ₯πŸ“ΉπŸŽ₯ Buat Cameramen. Bantu ambil gambar pada saat Kajian. Untuk disebarluaskan di sosmed. Free juga dong 😘

πŸ”ˆπŸ“£πŸ’» Buat para editor. Bantu ngedit video Kajian untuk disebar di sosmed or YouTube. Free pastinya 😘

πŸ“πŸ“„πŸ“ƒ Catat poin yang penting-penting ketika ikut Kajian. Seminar parenting or seminar-seminar yg bermanfaat buat banyak orang. Lalu ketik. Sebar di Whatsapp juga sosmed lainnya

πŸ’΄πŸšπŸš– Ketika di bis/di angkot. Bayarin nenek-kakek yg keliatan kurang mampu. Suami istri yg buta πŸ˜₯

βœˆπŸš—πŸš™πŸš€ Tawarkan temen kita yang searah. Jika kita bawa kendaraan. Ingat ini yg sesama jenkel nya yaa πŸ™‚ kalo beda jenkel bisa panjang urusannya kalo terus menerus

πŸ‘­πŸ‘¬πŸ‘« Beberapa bisa dilakukan dengan anak-anak kita. Biarkan anak-anak kita melihat kebaikan yang orang tuanya lakukan. Karena satu contoh perbuatan akan lebih efektif dari 100 nasehat. Semoga kebaikan-kebaikan ini selalu ada penerusnya hingga akhir jaman. Aamiin

Children see… Children do

πŸ‘¦πŸ»πŸ‘³πŸ»πŸ‘ΈπŸ» Punya ilmu? Misal bisa gambar, bisa ngajar Al Qur’an/Iqra. Jago matematika. Suka dunia anak? Sesekali pas wiken dateng deh ke rumah singgah. Buka kelas. Kebayang happy nya anak-anak terlantar di ajarin sama kakak yang mumpuni di bidangnya. Sahabat saya graphic designer handal udah melakukan ini. Beliau ngajarin gambar anak-anak. Proud of u Ca 😘

πŸ“πŸ“„πŸ“ƒ Share status ini semoga jadi salah satu timbangan amal jariyah kita nanti. Aamiin

Segitu dulu. Mungkin yang lainnya mau menambahkan.

Semoga menginspirasi πŸ˜˜πŸ’ƒπŸ’ͺπŸ»πŸ˜‰πŸ˜‡

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s